Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

865 Unit Rumah Terendam Banjir di Kabupaten Toli-toli

Dilihat 42 kali
BAGIKAN
865 Unit Rumah Terendam Banjir di Kabupaten Toli-toli

Foto : Kondisi rumah warga yang terdampak banjir di Kabupaten Toli-toli, Sulawesi Tengah, Rabu (23/3). (BPBD Provinsi Sulawesi Tengah)



JAKARTA- Banjir merendam 865 unit rumah di wilayah Kabupaten Toli-toli, Sulawesi Tengah pada Rabu (23/3). Peristiwa tersebut terjadi setelah meluapnya Sungai Tuweley dan Sungai Lembe pascahujan dengan intensitas tinggi melanda pukul 02.30 WITA. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah melaporkan, banjir dengan ketinggian muka air sekitar 70 hingga 100 sentimeter menyebabkan 866 kepala keluarga di dua kecamatan, terendam banjir. 

Adapun dua kecamatan yang terendam adalah Kecamatan Baolan meliputi Kelurahan Baru dan Kelurahan Tuweley, kemudian Kecamatan Galang dengan wilayah Desa Tende dan Desa Aung. 

Banjir juga menyebabkan beberapa insfrastuktur terdampak, tercatat satu unit Sekolah Dasar dan Kantor Desa Aung ikut terendam, serta dua unit jembatan mengalami kerusakan. 

Pada saat kejadian, BPBD bersama tim gabungan langsung terjun ke lokasi guna melakukan percepatan penanganan, melakukan assesment dan berkoordinasi dengan aparat desa untuk melakukan pemantauan. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang pada siang dan malam hari di wilayah Kabupaten Toli-toli dan sebagian wilayah Provinsi Sulaeesi Tengah pada Kamis (24/3) dan Jumat (25/3). 

Menanggapi potensi hujan tersebut, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat agar selalu siap siaga menghadapi peristiwa alam yang dapat muncul diakibatkan oleh hujan seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang. 



Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 



Admin

Penulis