Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

[Update] – Delapan Eskavator Bersihkan Material Lumpur Pascabanjir Bandang Tanggamus

Dilihat 256 kali
[Update] – Delapan Eskavator Bersihkan Material Lumpur Pascabanjir Bandang Tanggamus

Foto : Kondisi Pasca Banjir Bandang di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung (BPBD Tanggamus)


JAKARTA - Pusat Pengendali Operasi BNPB melaporkan delapan eskavator untuk membersihkan material lumpur yang terbawa banjir bandang. Tim gabungan telah membersihkan sedimen lumpur di jalan dan di tempat umum. Jalan lintas barat sudah bisa dilalui kendaraan. 

Bencana yang terjadi pada Selasa lalu (4/8) di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, merusak puluhan rumah. Perkembangan per hari ini, Kamis (6/8), pukul 17.30, BNPB mencatat kerusakan rumah dengan kategori rusak berat sebanyak 64 unit, rusak sedangn 34 dan rusak ringan 1.035. Sedangkan rumah terendam, BPBD setempat melaporkan 350 rumah terdampak. 

Di samping kerusakan di sektor pemukiman, banjir bandang juga merusak tempat ibadah 1 unit dengan kategori rusak berat. Selain itu, jalan lintas barat tertutup material longsor di Sembilan titik dengan Panjang kurang lebih 1 km. BPBD 

Sebanyak 70 KK mengungsi ke rumah kerabat terdekat. 

Menurut pantuan BPBD, peristiwa ini dipicu salah satunya hujan deras yang terjadi pada Selasa (4/8), pukul 20.30 WIB hingga 22.00 WIB. Limpahan air dari Bukit Barisan disertai material lumpur dan bantu akhirnya melanda beberapa desa di Kecamatan Semaka. Saat kejadian, tinggi muka air bervariasi dari 30 hingga 100 cm. 

Desa terdampak antara lain Desa Way Kerap, Pardawaras, Sedayu, Sukaraja, Bangunrejo, Kacapura, Karangrejo dan Sododadi.

Pascakejadian, Bupati Tanggamus menetapkan status tanggap darurat selama tujuh hari. Hingga kini, BPBD dan dinas terkait melakukan upaya penanganan darurat, seperti pengaktifan dapur umum, pembersihan material lumpur dan batu serta pendampingan warga terdampak. 


Raditya Jati

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN