Banjir dan Tanah Longsor di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan

LAHAT – Banjir melanda lima desa di tiga kecamatan di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan pada Jumat (07/2) sekitar pukul 10.00 WIB.

Lokasi yang terdampak banjir tersebut meliputi Desa Batay, Desa Ngalam Baru, Desa Mandi Angin di Kecamatan Gumay Talang. Selanjutnya Desa Gunung Kembang di Kecamatan Kikim Timur dan Desa Jati di Kecamatan Pulau Pinang.

Berdasarkan data yang dihimpun Tim Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat, ketinggian muka air (TMA) mencapai 30 – 100 cm.

Selain menggenangi beberapa lokasi, banjir tersebut juga mengakibatkan beberapa rumah warga rusak (dimana saat ini masih dalam pendataan), jalan lintas Sumatera tujuan Lubuk Linggau terputus, dan jalan di Desa Jati tertutup material longsor.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Kabupaten Lahat masih terus melakukan pendataan dan evakuasi warga. Untuk kebutuhan mendesak saat ini diperlukan perahu karet untuk evakuasi.

Kondisi terakhir infromasi dari lapangan, kondisi hujan sudah mulai reda dan air berangsur surut. Material longsor di Desa Jati, saat ini masih terus dibersihkan dengan penyemprotan. Sementara untuk arus lalu lintas dialihkan ke jalur alternatif.

 

Pusat Pengendalian Operasi BNPB

Related posts