22

2018-02

Bali Sudah Aman, Pemerintah Telah Turunkan Status Gunung Agung Ke Siaga Level 3

KARANGASEM- Keputusan penurunan status ini disampaikan saat konferensi pers oleh Menteri ESDM, Kepala BNPB, Wakil Bupati Karangasem, serta Kepala PVMBG di Pos Pengamatan Gunung Agung, Karangasem, Bali, pada Sabtu (10/2).

 

Dalam keterangan persnya Menteri ESDM Ignasuis Jonan mengatakan bahwa, “Aktifitas Gunung Agung yang terus menurun sehingga pemerintah memutuskan untuk menurunkan status Gunung Agung menjadi siaga level III, radius aman menjadi 4 km. Sehingga pengungsi diluar 4km dapat segera pulang dan kegiatan masyarakat dan pariwisata sudah dinyatakan aman. untuk proses pemulangan dan teknisnya akan menjadi tugas BNPB". Jelas Jonan.

Pada Kesempatan yang sama Kepala BNPB Willem Rampangilei menjelaskan teknis pemulangan pengungsi, "Bahwa ada 2 hal yang menjadi kewajiban pemerintah dalam hal ini BNPB, BPBD dan pemerintah daerah serta TNI/Polri yang pertama BNPB akan melaksanakan proses pemulangan pengungsi dan yang kedua sebelum proses permulangan kami akan mempersiapkan infrastrukturnya seperti rumah yang rusak akan diperbaiki, pembersihan jalan dan sebagainya. Jelas Willem

Sementara itu, Wakil Bupati Karangasem I Putu Widjera mengatakan bahwa "Kami senang dengan penurunan status ini, kami selaku pemerintah daerah akan memfasilitasi proses pemulangan pengungsi untuk kembali secara baik serta mempersiapkan sarana dan prasarananya karena masyarakat Karangasem menjadi tanggungjawab kami pemerintah daerah Karangasem".

Kepala PVMBG Kasbani menambahkan, "PVMBG telah memantau sebulan terakhir dan kegiatan vulkanis yang terus menurun dan tidak ada penambahan material vulaknik yang keluar sehingga status direkomendasikan untuk diturunkan". Tambahnya

Walaupun status diturunkan masyarakat dihimbau agar tetap waspada, dan tidak mendekati batas radius 4km.

 

Sutopo Purwo Nugroho

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas

Related posts