BAKOHUMAS BAHAS PENANGGULANGAN BENCANA ASAP


Keterangan foto: Peserta Forum Bakohumas berkunjung ke Pusdalops PB BNPB di Jl. Ir. H. Juanda No 36 Jakarta
Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyelenggarakan kegiatan seminar dengan mengangkat tema "Penanganan Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan" di Jakarta pada Senin (7/4). Kegiatan ini sebagai bagian dari kegiatan Forum Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) di tingkat kementerian/lembaga dan beberapa organisasi terkait. Tema ini diangkat dalam rangka untuk mendapatkan sinergi dari kementerian/lembaga terkait dengan penanggulangan bencana asap, khususnya bencana asap di Riau yang mendapatkan perhatian dari Presiden RI. 
Tema ini juga sebagai sosialisasi BNPB terhadap rencana seminar nasional “Riau Bebas Asap” yang akan diselenggarakan pada akhir April nanti. BNPB bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada dan Universitas Riau untuk mempersiapkan seminar tersebut. BNPB akan mengundang semua stakeholders yang terkait dengan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) agar bencana asap tidak terulang kembali. 
BNPB melalui Bakohumas ingin mendapatkan dukungan dari kementerian/lembaga untuk turut aktif dan bersinergi dalam penanggulangan bencana, seperti dari Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Dalam Negeri. Sementara itu, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan Kementerian Kehutanan Raffles B. Pandjaitan mengungkapkan perlu adanya sinergi terkait kebijakan yang positif dalam perspektif mencegah terjadinya karhutla.  
Pada pembahasan mengenai kebijakan BNPB dalam penanggulangan bencana asap, Kasubbid Perencanaan Darurat BNPB Eko Budiman menjelaskan bahwa BNPB selalu memberikan pendampingan posko kedaruratan bencana asap dan memberikan dukungan yang diperlukan terhadapa daerah. Di sisi lain BNPB juga akan memberikan dukungan Dana Siap Pakai (DSP) dan memobilisasi sumber daya nasional. 
Bakohumas yang dihadiri 48 peserta dari kementerian/lembaga ini dibuka oleh Dr. Syukri Batubara, Staf Ahli Bidang Hukum Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pada akhir acara peserta Bakohumas mengunjungi ruang data dan pusdalops BNPB.  

Related posts