Apel Siaga Relawan PB Provinsi Bangka Belitung

Bangka Belitung, sebanyak 1.500 relawan dari berbagai unsur menyelenggarakan Apel siaga sekaligus penanaman mangrove yang berlokasi di Pantai Desa Penyak pada hari Selasa tanggal 9 Oktober 2018.

Direktur Pemberdayaan Masyarakat BNPB, Lilik Kurniawan, selaku Inspektur Apel, memberikan amanah dan motivasi kepada seluruh relawan yang hadir di lapangan. Agenda acara Apel yaitu; (1) Pemberian penghargaan kepada 5 orang relawan berprestasi dari TNI, Polri, masyarakat, Dunia Usaha, dan Media, (2) Pengukuhan Relawan PBI Babel dengan dibacakannya Ikrar Relawan, (3) Pengukuhan Forum PRB Bangka Belitung dengan menyematkan rompi kepada perwakilan.

Sekitar 100 orang undangan hadir dalam Apel Siaga, salah satunya dari Kemenko Bidang Maritim diwakili Asdep Lingkungan dan Kebencanaan Maritim, Sahat Pangabean serta jajaran BPBD se Provinsi Babel, dunia usaha, media, dan dinas lainnya.

Puncaknya, seluruh relawan beserta undangan melakukan aksi penanaman bibit mangrove di Pantai Penyak. Terdapat 5.000 bibit mangrove yang disediakan, ratusan bibit mangrove ditanam sebagai simbolisasi yang selanjutnya diteruskan penanaman oleh relawan lokal. Aksi penanaman mangrove sebagai bagian dari pelestarian lingkungan untuk masa depan sekaligus upaya mitigasi bencana di provinsi Babel.

Kegiatan ini diakhiri dengan Sharing Knowledge oleh Direktur Pemberdayaan Masyarakat kepada seluruh peserta apel, berbagi ilmu dan pengalaman terkait penanggulangan bencana di Indonesia.

Related posts