ACDM 2016 Semarang: One ASEAN One Response One Sertification

Semarang – Dinamika dan semangat mewujudkan ASEAN sebagai komunitas yang lebih baik untuk ketahanan menghadapi bencana akan terus bergema sesuai tema “One ASEAN Community for Better Resilience”. Agenda The 3rd AADMER Partnership Conference dan pembahasan Working Group (WG) yang terbagi dalam fokus Preparedness and Response, Prevention and Mitigation, Risk and Vurnerability, Recovery, Knowledge and Innovation Management (KIM) yang merupakan agenda terakhir pada pertemuan The 28th ASEAN Community on Disaster Management (ACDM) and Other Related Meetings yang diselenggarakan mulai 26 – 29 April 206 di Semarang – Jawa Tengah.

Indonesia yang merupakan co-chair pada KIM WG telah memasukkan salah satu usulan terkait sertifikasi profesi penanggulangan bencana yang telah dimulai di Indonesia sejak tahun 2015. Harapan dari usulan tersebut dapat dikembangkan menjadi standar kompetensi penanggulangan bencana regional ASEAN yang dapat menjadi pondasi penanggulangan bencana dalam mendukung implementasi “One ASEAN One Response One Sertification”.

“One ASEAN One Response” yang merupakan program dari AHA Center bertujuan untuk mewujudkan mekanisme bantuan kemanusiaan saat bencana diantara ASEAN Member States (AMS). Dalam hal ini posisi negara yang dibantu bukanlah berarti tidak memiliki kemampuan tetapi dengan semangat “One ASEAN One Response” diantara AMS mempunyai solidaritas tinggi mewujudkan “Safe Live and Safe Livelyhood”. Keberlangsungan program “One ASEAN One Response” telah mencetuskan ide peluncuran logo terbaru AHA Center oleh Said Faisal, Executive Director dalam sesi The 3rd AADMER Partnership Conference.

Dody Ruswandi Sekretaris Utama BNPB selaku chair dalam closing remaks hari ini, atas nama pemerintah Indonesia menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh delegasi, ASEAN Secretariat dan panitia atas terselenggaranya The 28th ACDM and Other Related Meetings 2016 di Semarang. Seluruh delegasi yang hadir telah menjadi saksi ASEAN Vision 2025 dalam mendukung terlaksananya AADMER Work Programme 2016-2020. Program tersebut diharapkan dapat membangun ketahanan ASEAN sebagai satu komunitas untuk pengurangan risiko bencana, mengurangi kerugian akibat bencana serta spontanitas secara kolektif AMS dalam merespon bencana.

Humas BNPB


Related posts