6.889 KK TERENDAM BANJIR DI BLORA DAN GROBOGAN, JAWA TENGAH

Hujan deras yang terjadi pada Senin (8/4/2013) sejak siang hingga sore hari telah menyebabkan banjir di Kab Blora dan Kab Grobogan, Prov Jawa Tengah. Total 6.889 KK terdampak langsung oleh banjir di kedua kabupaten tersebut.
Di Kab Blora banjir terjadi akibat luapan Bengawan Solo yang mengakibatkan 1.889 KK terendam banjir. Banjir terjadi di 3 kecamatan yaitu Kec Cepu, Kedung Tuban dan Kradenan. Di Kec Cepu banjir menyebabkan 1.289 kk terdampak langsung, dimana 911 rumah tergenang, 45 ha sawah dan 13,5 ha tegalan tergenang. Di Kec Kedung Tuban meliputi Ds Jimbung hingga Ds Wantah dengan tinggi air 1 m, 50 rumah terendam. Sedangkan di Kec Kradenan di Ds Weni banjir merendam 350 kk dan 10 ha pertanian dengan ketinggian air 1 m, di Ds Patalan 200 kk terendam dengan ketinggian air 60 cm. Tidak ada korban.
Sedangkan banjir di Kab Grobogan terjadi di 7 kecamatan yaitu di Kec Purwodadi, Toroh, Brati, Grobogan, Tawangharjo, Pulokulon dan Klambu. Korban jiwa nihil. Kerugian: rumah tergenang  sekitar 5000 rumah, 7 tanggul jebol. Tindakan yang sudah dilakukan: evakuasi korban, menyuplai logistik 20 dapur umum, penanganan 3 titik tanggul jebol, membuat tanggul dari karung pasir untuk limpasan di 3 kec.
BPBD Provinsi Jawa Tengah telah berada di lokasi memberikan bantuan bersama dengan BPBD Kab, TNI, Polri, Tagana, relawan dan masyarakat.
Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Related posts