4 Korban Tewas Tertimbun Longsor Berhasil Dievakuasi

JAKARTA - Evakuasi korban longsor di dalam mobil di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jaw Barat telah berhasil dilakukan oleh petugas SAR gabungan pada Selasa (15/11/2016). Longsor menimpa mobil saat melintas di jalan kemudian terseret ke jurang sedalam 60 meter terjadi pada Minggu (13/11/2016). Korban dan mobil tertimbun longsor sehingga tidak dikenali karena tidak ada sanki dan tanda-tanda adanya kendaraan yang terseret longsor. Saat bersamaan ada 3 longsor sehingga petugas dan masyarakat fokus pada pembersihan longsor di jalan. Pertimbangan masih adanya longsor susulan di tebing menyebabkan petugas fokus pada penanganan longsor di jalan.

Berdasarkan laporan masyarakat diketahui bahwa ada mobil yang tertimbun longsor di jurang sehingga dilakukan evakuasi pada Selasa (15/11/2016). Laporan sementara dari BPBD Provinsi Jawa Barat penanganan tanah longsor di Kab. Bandung Barat, selasa, 15 November 2016, Pkl. 19.00 WIB, sbb :
  1. Lokasi terdampak berada di Jalan Kolonel Masturi, Kampung Keramat RT07/06, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Bandung Barat.  
  2. Dampak mencakup 4 orang meninggal antara lain Tarsa wijaya (60, kp.pari Rt.05/06 jambudipa,kec.cisarua), Pirman 30th ( kp.pari Rt.05/06 jambudipa,kec.cisarua), Utep 35th ( Rt.01/11, desa paku haji, ngamprah) dan Rohendi 32th ( Rt.01/11, desa paku haji, ngamprah). Selain itu, 1 unit mobil kijang ( F 777 WR ) Rusak berat (RB) tertimpa longsoran dan menutupi akses jalan kol.masturi
  3. Upaya yang sudah dilakukan
• BPBD KBB dibantu TNI, POLRI, DAMKAR, PU dan relawan telah megevakuasi ke 4 korban meninggal 
•.Pengevakuasian korban dilakukan dengan cara pemotongan mobil oleh alat dan dilakukan secara hati-hati. 
• Korban longsor sudah di serahkan ke keluarga untuk di kebumikan. 
• Pengevakuasian mobil kijang masih dilakukan dan dihentikan smentara dikarenakan cuaca yang kurang memungkinkan. 
• Menutup sementara jl.kol.masturi dikarenakan masih adanya retakan di atas tebing longsoran yang memungkinkan datangnya longsor susulan.

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Related posts