200 Peserta Sesko TNI AU Belajar Penanggulangan Bencana

JAKARTA - Sebanyak 200 orang peserta Sekolah Staf dan Komando TNI AU (Sesko TNI AU) mendapat pembelajaran mengenai penanggulangan bencana di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (12/3).

 

Setelah disambut oleh Inspektur Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Tetty Saragih, peserta mendapatkan materi mengenai penanggulangan bencana. Materi penanggulangan bencana disampaikan oleh Direktur Pemberdayaan Masyarakat BNPB Lilik Kurniawan.

 

Setelah itu, rombongan terbagi ke dalam tiga kelompok untuk masing-masing berkunjung ke Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops), Diorama Edukasi Bencana, dan ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on Disaster Management (AHA Centre). Selama berkunjung di Pusdalops, peserta belajar mengenai pemanfaatan teknologi informasi dalam kebencanaan seperti InAWARE dan MHEWS. Sementara itu, BNPB juga berbagai pengalaman terkait pembelajaran penanggulangan bencana seperti kebakaran hutan dan rehabilitasi, eruspi gunung api, dan rekonstruksi pascabencana.  

 

Kegiatan yang dipimpin oleh Komandan Sesko TNI AU Marsekal Muda TNI Donny Ermawan Taufanto merupakah rangkaian kegiatan dari kuliah kerja Pasis Sesko TNI AU. Secara umum kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengorganisasian, koordinasi, pengawasan, tataran, kewenangan penanganan dan observasi serta kebijakan penanganan bencana secara nasional.

 

Humas BNPB

Related posts