2 TEWAS DAN 1 HILANG TERTIMBUN LONGSOR DI GUNUNG HALU, BANDUNG BARAT

Meskipun sudah musim kemarau namun kejadian longsor masih terjadi akibat hujan dan kondisi tanah yang labil. Bencana longsor terjadi pada Jumat (16/8) sekitar pukul 04.00 Wib di Desa Sindangjaya, Kec. Gununghalu, Kab Bandung Barat, Prov Jawa Barat. Longsor menyebabkan 2 orang tewas dan 1 orang masih tertimbun longsor. Pencarian korban masih dilakukan.
Lokasi longsor merupakan daerah perbukitan dengan tingkat kerawanan longsor tinggi. Masyarakat yang tinggal di lereng-lereng perbukitan memiliki risiko tinggi longsor. Terlebih lagi akses menuju lokasi tersebut sulit dicapai, hanya bisa dijangkau dengan sepeda motor. Adanya gerakan tanah yang terus menerus memicu terjadinya longsor dan menimbun perumahan masyarakat setempat. Sebelumnya, di Kec Gununghalu beberapa kali telah terjadi longsor akibat gerakan tanah, seperti pada 13 April 2013 yang menyebabkan 121 rumah rusak.
Evakuasi korban masih dilakukan oleh TNI, BPBD, Tagana, PMI dan masyarakat setempat. BPBD Kab. Bandung Barat telah menyalurkan logistik. Pendataan masih dilakukan.
Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Related posts