122 BPBD Menerima Hibah Peralatan Penanggulangan Bencana

JAKARTA- Direktorat Peralatan BNPB menyerahkan hibah peralatan penanggulangan bencana (PB) kepada 122 BPBD Prov/Kab/Kota berupa motor trail, mobil rescue, speedboat, radio komunikasi, dan mobil pick up pemadam kebakaran. Penyerahan peralatan ini diserahkan secara simbolis oleh Willem Rampangilei selaku Kepala Badan Nasional Penangulangan Bencana di Kantor Graha BNPB Lt.15 pada selasa (6/12).
Kepala BNPB dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan keterbatasan anggaran, BPBD penerima hibah ini diseleksi berdasarkan skala prioritas, BPBD provinsi/Kab/kota yang memiliki kerentanan bencana yang cukup tinggi, yang menjadi prioritas menerima hibah peratalan PB. 
”BNPB tidak hanya memberikan bantuan peralatan akan tetapi, juga meningkatkan pengurangan resiko bencana, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Pusdatinmas BNPB bahwa kesadaran masyarakat mengenai pemahaman pengetahuan bencana masih rendah, apalagi daerah kab/kota terpencil yang kondisi lingkungannya sangat rentan terhadap bencana,” Ujar Kepala BNPB Willem Rampangilei.
Direktur Peralatan Rustian, S.Si,Apt,M.Kes dalam laporannya mengatakan pemberian hibah ini dilaksanakan beberapa tahap, dengan total penerima 122 BPBD Prov/Kab/Kota dengan rincian motor trail sejumlah 156 unit, mobil rescue 23 unit, speedboat 9 unit, radio komunikasi 19 unit, dan mobil pick up pemadam kebakaran 26 unit. Diharapkan penerima hibah ini dapat memaksimalkan penggunaannya untuk menunjang dalam melaksanakan tugas penanggulangan bencana.
Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Utama BNPB, Wakil Bupati Maluku Tenggara, BPBD Prov/Kab/Kota dan Staf BNPB.

Related posts