1.863 Rumah Terendam Banjir di Aceh Jaya

Aceh Jaya - Hujan berintensitas tinggi yang turun terus menerus dalam Sabtu (1/11) hingga sekarang menyebabkan banjir dan longsor di beberapa kabupaten di Aceh. Tercatat banjir dan longsor terjadi di Aceh Besar, Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya. Degradasi lingkungan dan kerusakan sungai juga meningkatkan kerentanan.Penanganan darurat masih dilakukan. Data sementara dampak banjir di Aceh Barat Daya menyebabkan 8.000 rumah terendam banjir. Di Aceh Besar sekitar 10.000 rumah dan di Aceh Jaya 1.863 rumah terendam banjir hingga 2,5 meter.Di Kab Aceh Jaya banjir merendam:
1). Kec. Jaya (Gmp. Gle Putoh, Gmp. Sapek, Gmp. Meudheun, Gmp. Lambaroh).
2.) Kec. Indra Jaya (Gmp. Kareung Ateuh, Gmp. Meudang Ghon, Gmp. Kuala Unga).
3). Kec. Sampoiniet (Gmp. Ligan, Gmp. Ie Jeurengeh, Gmp. Seumantok, Gmp. Meunasah Kulam, Gmp. Ranto Sabon, Gmp. Krueng Ayon, Gmp. Blang Mon Lueng, Gmp. Alue Groe, Gmp. Cot Punti).
4). Kec. Setia Bakti (Gmp. Sawang, Gmp. Baro, Gmp. Lhok Bot).
5). Kec. Darul Hikmah (Gmp. Masen, Gmp. Alue Gajah, Gmp. Teupin Asan).
Dampak banjir:
- 1.863 kk/6.892 jiwa terdampak
- Pengungsi; Kec. Jaya 545 jiwa, Kec. Indra Jaya 825 jiwa, Kec. Sampoiniet 2.818 jiwa, Kec. Setia Bakti 151 jiwa dan Kec. Darul Hikmah 51 jiwa.
Kerugian Materil :
- ± 1.863 unit rumah terendam dengan tinggi banjir 75 - 250 cm.
- Akses jalan ke Kota Banda Aceh putus total.
- 5 unit rumah terkena longsor dengan di Kec. Jaya.
- Titik longsor ; Kec. 1 titik, Kec. Indra Jaya 1 titik, Kec. Sampoiniet 7 titik.     
Upaya yang dilakukan, BPBD, TNI, Polri, SAR dan Muspika setempat sudah melakukan evakuasi, mendirikan tenda, dapur umum dan saat ini masih melakukan pendataan. Longsor dalam proses penanganan pembersihan.

Related posts