KUNJUNGAN KERJA WAKIL MENTERI JEPANG DI BNPB

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendapatkan kunjungan dari Mr.Toshiyuki Adachi, Wakil Menteri Bidang Teknik dari Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang yang diterima langsung oleh Sekretaris Utama BNPB, Ir.Fatchul Hadi,Dipl.H.E. di Gedung BNPB, Jl.Ir.H.Juanda No.36, Jakarta Pusat (9/9).


Kunjungan kerhormatan tersebut, merupakan misi Jepang dalam mengembangkan sarana dan prasarana dan infrastruktur, pengembangan sarana umum pembangunan kereta api dan lainnya. khususnya dengan BNPB mendiskusikan mengenai penanganan bencana di Indonesia. Jika terjadi bencana di Jepang, hal pertama kali yang dilakukan pemerintah Jepang adalah membangun infrastruktur dan lainnya, berbeda dengan bencana di Indonesia, yang lebih mengutamakan perumahan. "Selain bertukar informasi dalam penanggulangan bencana, kami berharap kerjasama Jepang dengan Indonesia, khususnya BNPB dapat berlanjut di masa mendatang" ucap Toshiyuki.


Dalam sambutannya Fatchul Hadi mengucapkan terima kasih atas bantuan Jepang selama ini yang melalui JICA, seperti halnya Early Warning System (EWS), dan hal lainnya. "Kita mengharapkan Maret 2014, untuk pelatihan tsunami dan megatrusth di Padang, pemerintah Jepang juga dapat ikut mendukung" kata Sestama.


sementara itu, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas, DR.Sutopo Purwo Nugroho menuturkan adanya permintaan beasiswa dari Jepang untuk putra putri Indonesia belajar mengenai penanggulangan bencana, begitu juga kerjasama untuk pemerintah Jepang meneliti bencana di Indonesia. Selain itu peningkatan pengurangan risiko bencana tsunami ada 4 program, yakni : 1. Penguatan rantai peringatan dini tsunami, 2. pembangunan shelter, 3. kesiapsiagaan, 4. pembangunan instrumentasi nasional.


Pada kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Biro Hukum dan Kerjasama BNPB, Drs.R.Sugiharto,Mr.Tokunaga dari JICA serta dari Jepang Mr.Goro Yasuda Direktur Kerjasama Internasional dan Teknik Infrastruktur, Mr.Shinichi Horisaki Deputi Direktur Bidang Kerjasama Luar Negeri, Mr.Shunpei Harada staff bidang Proyek Luar Negeri dan Mr.Kazushi Furumoto Atase bidang infrastruktur, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. (acu).


Related posts