KEPALA BNPB PIMPIN GELAR PASUKAN PENANGGULANGAN ASAP DI RIAU

OLEH PUSAT DATA, INFORMASI DAN HUMAS • 22 June 2013 11:44

Upaya penanggulangan bencana asap di Riau terus dilakukan. Kepala BNPB, Syamsul Maarif, langsung memimpin operasi penanggulangan asap di lapangan. Pagi tadi dilakukan gelar pasukan di Lanud TNI AU Roemin Nurjadin Pekanbaru. Apel diikuti 500 personil dari TNI, Polri, manggala agni, pemadam kebakaran, BPBD dan relawan. Hadir dalam apel tersebut Menteri LH, Deputi 1 Kemenkokesra, pejabat BNPB, Kapolda, dan lainnya.

Kepala BNPB mengatakan penanggulangan bencana asap dilakukan dengan 3 strategi yaitu penegakan hukum, pemadaman kebakaran di darat dan dari udara, serta sosialisasi secara menyeluruh. Menteri LH menyatakan saat ini sedang dilakukan penyelidikan perusahaan yang ada di Riau untuk mengetahui siapa yang melakukan pembakaran. Nantinya akan dilakukan proses hukum.

Saat ini, sudah ada 2 helicopter Bolco BNPB dan 1 helicopter Colibri yang dilengkapi bambi bucket, dan 1 pesawat Casa 212. Pesawat Hercules C-130 TNI AU sudah berangkat dari Lanud Halim Perdanakusumah Sabtu (22/6/2013) pukul 09.30 Wib. Sedangkan pesawat Casa 212 versi rain making BPPT berangkat tadi pagi pukul 07.00 Wib.

2 helicopter telah terbang melakukan survai dan pemadaman dengan teknik pemboman air dari udara. Setelah apel, Kepala BNPB bersama Danrem Pekanbaru dan Wakil Gubernur Riau akan ke Bengkalis dan Rokan Hulu untuk koordinasi dengan Bupati setempat. Satu pesawat Casa akan segera terbang melakukan survai dan penyemaian awan.

BNPB kemarin memberikan bantuan logistik kepada BPBD Riau berupa 10.000 masker, family kits 50 paket, 100 paket peralatan dapur, dan lainnya.

Berdasarkan pantauan citra satelit Terra MODIS NASA pada 21/6/2013 kebakaran lahan dan hutan masih berlangsung di sekitar Kab. Rokan Hilir dan Kota Dumai yang asapnya ke arah timur. Sedangkan kebakaran di Kab. Pelalawan dan Indragiri Hilir asapnya mengarah ke tenggara.

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

  • Status Gunung Api
  • Prakiraan Cuaca
  • Link Terkait
  • Media Sosial
  • Jumlah Pengunjung