Sekolah Dasar Alam Bogor Kunjungi Diorama BNPB

Tweet

JAKARTA- sebanyak 50 orang siswa/i SD Sekolah Dasar Alam bersama guru. Kunjungi Graha BNPB, Jakarta Timur pada (14/2/2017). Upaya ini dilakukan untuk memberikan pemahaman mengenai kebencanaan, serta mengedukasi pengetahuan bencana sejak dini.

Rombongan murid kelas 6 dan 5 orang guru diterima oleh bu Rita Rosita selaku Kepala Bidang Humas BNPB, dalam sambutannya Rita mengatakan "edukasi  bencana perlu dilakukan sejak dini. Dengan menambah wawasan pengetahuan di bidang bencana, anak- anak sekolah dapat mengetahui mitigasi bencana. Sehingga apabila terjadi bencana, siswa/i dapat segera meminimalisir dampak bencana, karena kejadian bencana akhir-akhir ini terus meningkat," ujar Rita.

Pada kunjungan tersebut diserahkan cinderamata antara pihak sekolah dan BNPB. Kemudian para siswa/i diajak untuk menyaksikan film dokumentasi bencana longsor, gempa bumi, animasi gempa bumi,  bencana banjir, Tsunami dan gunung meletus. Selanjutnya mengunjungi diorama wahana edukasi kebencanaan BNPB di lt 11 dan 12 yang menampilkan diorama kerusakan akibat bencana seperti tsunami, banjir, tanah longsor, gunung meletus, gempa bumi, kebakaran hutan dan bencana lainnya.

Petugas diorama BNPB Meysita mengatakan, “murid SD merasakan antusias ketika melihat fase erupsi gunung berapi dan ingin banyak tahu mengenai fase erupsi gunung berapi ujar Meysita. Diorama memberikan gambaran sifat bencana, ciri-ciri akan terjadinya bencana, serta cara mengantisipasi dan menghindarinya. Diorama yang menggambarkan peristiwa bencana alam diharapkan menjadi pembelajaran penanggulangan bencana dan membangun pengurangan risiko bencana. (Adi)