TKB CPNS BNPB

Tweet

Jakarta, Setelah sebelumnya mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD), tahapan berikutnya pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang lulus TKD mengikuti Tes Kemampuan Bidang (TKB) pada (2/12) yang berlangsung selama dua hari bertempat di gedung Cawang Kencana, Jakarta Timur. Jumlah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 549 orang.

Kepala Biro Umum, Rustian, S.Si., Apt., M.Kes, membuka secara resmi kegiatan tersebut, dalam sambutannya, menuturkan, “nilai tes kompetensi bidang (TKB) menjadi salah satu penentu kelulusan CPNS. Jika nilai tes kompetensi dasar (TKD) harus 60 persen, maka capaian TKB sebesar 40 persen. TKB diperlukan karena kita membutuhkan informasi tambahan melalui wawancara dan tes pesikologi, guna mengetahui kualitas pelamar sesuai formasi yang dibutuhkan.

Sedangkan Pak Sayadi, SH. MM Direktur Kepangkatan dan Mutasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) menuturkan, tes ini untuk menyaring CPNS yang kompeten di bidangnya. Untuk TKB, terang dia, mendapatkan porsi nilai sebesar 40. Sedangkan porsi TKD 60. Dari dua komponen nilai tersebut, akan disusun peringkat. “Jadi nilai tertinggi itu yang berhak menempati kuota yang disiapkan. Ini sangat transparan, dan masyarakat semua juga bisa memonitor langsung. Pokoknya tidak ada celah buat memanipulasi nilai. Karena nilai yang diperoleh itu murni hasil perjuangan peserta itu sendiri. Jangankan masyarakat biasa. Anak presiden saja tidak lulus karena tidak masuk passing grade,” ujar Sayadi.

Tes TKB ini di bagi menjadi dua sesi yaitu sesi pagi dan sesi siang, terdapat lima tahapan dalam tes bidang tersebut. Diantaranya tes Psikologi, tes kemampuan akademik, tes performance dan tes wawancara bidang.


INFOGRAFIS