BANJIR BANDANG SEDANG TERJADI DI SUMBA TIMUR

Tweet

Hujan deras yang disertai dengan angin kencang masih terjadi di Sumba Timur. Akibatnya terjadi banjir bandang di Desa Rambangaru, Kec.Haharu, Kab. Sumba Timur pada Selasa (26/2/2013) sejak pukul 16.00  Wita sampai dengan saat ini.  Banjir bandang berasal dari pegunungan di atasnya. Rumah yang diterjang banjir kurang lebih 35  unit rumah terendam banjir hingga setinggi 1,5 meter. Tim BPBD Sumba Timur bersama dengan Dinas Sosial, Camat,  aparat setempat dan masyarakat berada di lokasi kejadian bersama-sama  membantu keluarga yang terkena bencana untuk diungsikan sementara di Polsek setempat. BPBD membuka dapur umum. Tim membawa bantuan dari BPBD dan Dinas Sosial berupa: beras, air mineral, kopi, gula, mie instan, sarden dan terpal.
Pendataan masih dilakukan. Belum ada korban jiwa dari banjir bandang tersebut.Banjir bandang yang dipicu oleh hujan lebat dan angin kencang tersebut dipengaruhi oleh Siklon Tropis RUSTY yang berada di Samudera Hindia sebelah utara Port Hedland Australia (sekitar 980 km sebelah selatan barat daya Sabu). Menurut BMKG, siklon tropis RUSTY diperkirakan akan meningkat intensitasnya dalam 24 jam ke depan.
 Dampak terhadap cuaca di Indonesia berupa :
- Hujan dengan intensitas ringan - sedang di Bali, NTB dan NTT.
- Angin kencang di Jawa bagian Selatan,  Bali bagian selatan, NTB dan NTT
- Gelombang setinggi 3 - 4 meter berpeluang terjadi di Laut Sawu bagian utara, Selat Sape, Laut Timor selatan NTT
- Gelombang setinggi 4 - 6 meter berpeluang terjadi di  Perairan selatan Jawa hingga NTB, Perairan selatan P. Sumba, Laut Sawu bagian selatan, Perairan P. Sawu,  P. Rote, Samudera Hindia sebelah selatan NTT.

Masyarakat diminta tetap waspada.

DR. Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB


INFOGRAFIS