SUDAH DELAPAN HARI ROKAN HULU RIAU TERENDAM BANJIR

Tweet

Sejak 15 Feb 2013 hingga sekarang, beberapa daerah di Kec. Bonai Darussalam  dan Kec. Kepenuhan. Kab. Rokan Hulu Prov. Riau masih terendam banjir. Tiga hari yang lalu, sebanyak 7.388 KK yang tersebar di 36 desa di 9 kecamatan di Kab. Rokan Hulu Prov. Riau terendam banjir, yaitu:
-Kec. Rambah (5 desa dan  1 kelurahan),
-Kec. Rambah Hilir (5 desa),
-Kec. Pagaran Tapah (2 desa),
-Kec Rokan 4 Koto (2 desa),
-Kec. Kepenuhan Hulu (3 Desa),
-Kec. Kepenuhan (10 Desa),
-Kec. Bonai Darusalam (5 Desa),
-Kec. Kunto Darusalam (5 Desa),
-Kec. Bangun Purba (2 Desa).
4 orang meninggal akibat banjir tersebut. Di Kec. Kepenuhan 2 orang meninggal dunia a.n Selvi umur 8 bln jenis kelamin perempuan dan  Rinulia Bulele umur 23 th /Perempuan. Bayi (Selvi) meninggal saat tidur di dalam rumahnya yang terendam banjir setinggi 50 cm, ditinggal ibunya masak di dapur. Saat ditemukan sudah terapung di rumahnya. Di Kec. Bonai Darussalam korban meninggal bernama M. Yusuf umur 23 tahun/laki-laki dan di Kec. Bangun Purba: 1 org bernama Erianto umur 25 th/ laki-laki.
Rumah hanyut 7 unit. Kerusakan sementara yang dapat dihimpun antara lain perumahan, fasilitas umum, perkebunan, tambak ikan, jalan rusak dan ada warga belum bisa menempati rumahnya.
Upaya penanganan telah dilakukan oleh BPBD Rokan Hulu dengan mendirikan posko, dapur umum, posko layanan kesehatan, layanan informasi, dan tenda pengungsian. BPBD bekerja sama dengan POLRI, TNI, SATPOL, PMI,BASARNAS, FKPPI, Satpol PP, Dishub, RSUD, Senkom, relawan,dan masyarakat melakukan penangangan banjir ini.
BPBD Rokan Hulu telah mendistribusikan bantuan logistik, dari pihak perusahaan dan SKPD di lingkungan Pemda Rohul, seperti mie instan,teh, gula pasir, minyak goreng, sarden, beras, air mineral, pembalut wanita, matras, peralatan memasak dan selimut dan sebagainya.

DR. Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB