BNPB RAIH ELSHINTA AWARD 2012

Tweet

Kembali, pada tahun 2013 ini BNPB meraih penghargaan Elshinta Award 2012 dari Radio Elshinta sebagai instansi pemerintah yang proaktif memberikan informasi kepada masyarakat. Selain itu, BNPB dinilai sebagai instansi pemerintah yang mudah dimintai informasi dan kapan saja bersedia dihubungi untuk memberikan penjelasan kejadian bencana dan upaya yang dilakukannya oleh Radio Elshinta. Pada tahun 2012, BNPB juga menerima Elshinta Award 2011 sebagai narasumber yang paling banyak menyampaikan informasi kepada Radio Elshinta.
Elshinta Award 2012 diterima langsung oleh Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, di Hotel Sahid, Jakarta (19/2). Informasi bencana yang terus menerus diberikan BNPB kepada media massa, termasuk Radio Elshinta sangat bermanfaat bagi masyarakat dan membuat Radio Elshinta menjadi media radio yang akurat dan tercepat dalam menyiarkan informasi bencana di Indonesia.
BNPB memandang bahwa peran media massa sangat penting dalam penanggulangan bencana. Masyarakat berhak memperoleh informasi yang benar sekaligus mengandung unsur edukasi menuju ketangguhan menghadapi bencana.
Selain itu media berperan dalam membangun pemahaman dalam menghadapi ancaman atau situasi saat terjadinya bencana. Hal itulah yang mendasari humas BNPB terus menerus bekerjasama dengan media massa. Client Humas BNPB adalah masyarakat dan media. Selama masih ada keluhan atau kekurangan yang disampaikan kepada BNPB, berarti Humas BNPB harus terus meningkatkan kinerjanya. Kapasitas sumberdaya manusia dan pengetahuan kehumasan di BNPB maupun di BPBD perlu terus ditingkatkan. Begitu pula kapasitas jurnalis dalam memberitakan bencana juga perlu ditingkatkan. Hal ini telah menjadi salah satu kebijakan BNPB untuk bersama-sama media massa bekerjasama. Tentu saja hal itu perlu kerja keras dan sinergi bersama antara semua pihak dalam penanggulangan bencana.
DR. Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB


INFOGRAFIS